Penatalaksanaan Vertigo

Penatalaksanaan vertigo yang dapat dilakukan setelah diagnosis penyakit gejala vertigo itu sendiri. Vertigo sebenarnya bukanlah bagian dari suatu penyakit berbahaya, hanya saja vertigo jika berlarut-larut dapat menyebabkan gangguan kesehatan, kemudian timbullah penyakit yang tidak diinginkan.

Sebelum memulai pengobatan, harus menentukan sifat dan penyebab dari vertigo. Dilihat dari gerakan mata yang tidak normal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkan langsung pada otak.

penatalaksanaan vertigo

penatalaksanaan vertigo

Nistagmus merupakan gerakan mata yang cepat dari arah kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Dengan menggarahkan arah tersebut bisa membantu dalam melakukan pemeriksaan dan diagnosa. Ketika diagnosa berlangsung dapat dilakukan suatu pergerakan yakni dengan merangsang gerakan kepala penderita secara tiba-tiba atau dengan meneteskan setetes air ke dalam dinding telinga dalam.

Biasanya, ketika dilakukan diagnosa, penderita vertigo diminta untuk menguji keseimbangan dengan berdiri kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dilakukan dengan mata terbuka dan kemudian diulang dengan mata tertutup.

Selain diagnosa dengan tes penglihatan, kini penderita vertigo melakukan tes pendengaran. Umumnya penderita vertigo ketika melakukan tes pendengaran akan merasa kesulitan. Tes pendengaran ini seringkali dilakukan oleh para ahli medis karena dapat membantu menentukan ada tidaknya kelainan telinga yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran.

Pemeriksaan lainnya adalah dengan menggunakan CT Scan atau MRI kepala yang dapat membantu mendiagnosa, apakah ada kelainan yang terjadi pada tulang atau tumor yang menekan saraf di otak. Jika diduga terdapat penurunan aliran darah di sekitar otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

Gejala Vertigo

Gejala vertigo merupakan gejala yang dirasakan pada suatu kondisi kesehatan yang ditandai oleh sensasi pusing yang tidak diinginkan. Penyakit vertigo membuat tubuh terasa ditarik dari satu sisi ke sisi lain dan sering diperparah dengan sensasi berputar.

Tergantung pada apa yang menjadi penyebab penyakit gejala vertigo ini, gejala vertigo bisa meliputi mual dan gangguan keseimbangan yang disertai dengan sakit kepala, peka terhadap cahaya, nyeri otot, dan kelelahan. Beberapa kondisi yang menjadi penyebab vertigo seperti penyakit meniere yang biasanya diiringi dengan ering di telinga, gangguan pendengaran, atau tekanan di dalam telinga.

Diagnosis vertigo

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sebelum ada penatalaksaan vertigo akan dilakukan diagnosis terlebih dahulu. Vertigo patogologis bisa memiliki bermacam-macam jenis. Ada yang sementara atau persisten, fungsional atau struktural penurunan nilai vestibular atau nilai visual dari vertigo tersebut, atau sistem proprioseptif atau dari pusat integratif melalui suatu mekanisme juga menyebabkan adanya rasa ketidakcocokan. Dengan kata lain banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum menentukan diagnosis dari gejala vertigo.Evaluasi vertigo memiliki dua tujuan mendasar yakni: menentukan lokalisasi sumber asalnya dan menentukan etiologinya/penyebabnya.

Penggunaan obat-obatan seperti strepromisin, kanamisin,salisilat, antimalaria, dll yang diketahui ototoksik/vertibulotoksik dan adanya penyakit sistemik aeperti anemia, penyakit jantung, hipertensi, hipotensi, penyakit paru yang juga perlu ditanyakan.

Penyakit vertigo dapat disebabkan karena adanya penyakit sistem syaraf pusat atau gangguan sisten syaraf pusat karena penyakit seperti mulitiple sclerosis, kerusakan leher, tumor, atau stroke yang bisa menimbulkan gejala vertiko.

Pemeriksaan fisik yang ditujukan untuk mneliti faktor penyebab dari penyakit vertigo baik kelainan sistemik atau neurologik dapat berupa pemeriksaan fungsi pendengaran dan keseibangan, gerak bola mata, dan fungsi serebelum.

Penatalaksanaan Vertigo Pemeriksaan Fisik Umum
Pemeriksaan fisik diarahkan ke kemungkinan penyebab sistemik, tekanan darah diukur dalam posisi berbaring,duduk dan berdiri, bising karotis, irama (denyut jantung) dan pulsasi nadi perifer juga perlu diperiksa.

Pemeriksaan neurologis dilakukan dengan perhatian khusus pada:

  1. Uji Romberg penatalaksanaan vertigo dengan penderita berdiri dengan kedua kaki dirapatkan, mula-mula dengan kedua mata terbuka kemudian tertutup. Biarkan pada posisi demikian selama 20-30 detik. Harus dipastikan bahwa penderita tidak dapat menentukan posisinya.
  2. Tandem Gait penatalaksanaan vertigo dengan penderita yang berjalan lurus dengan tumit kaki kiri/kanan diletakkan pada ujung jari kaki kanan/kiri ganti bergantipenderita akan cenderung jatuh.
  3. Uji Unterberger: penderita berdiri dengan kedua lengan lurus horisontal ke depan dan jalan di tempat dengan mengangkat lutut setinggi mungkin selama satu menit. Penderita akan menyimpang/berputar ke arah lesi dengan gerakan seperti orang melempar cakram.
  4. Uji Tunjuk Barany penatalaksanaan vertigo dengan jari telunjuk penderita ekstensi dan lengan lurus ke depan, penderita disuruh mengangkat lengannya ke atas, kemudian diturunkan sampai menyentuh telunjuk tangan pemeriksa. Hal ini dilakukan berulang-ulang dengan mata terbuka dan tertutup.
  5. Uji Babinsky-Weil: Pasien dengan mata tertutup berulang kali berjalan lima langkah ke depan dan lima langkah ke belakang seama setengah menit

Pemeriksaan Khusus Oto-Neurologis
Pemeriksaan penatalaksanaan vertigo ini untuk menentukan apakah letak lesinya di sentral atau perifer. Perifer (benign positional vertigo): vertigo dan nistagmus timbul setelah periode laten 2-10 detik, hilang dalam waktu kurang dari 1 menit. Sentral: tidak ada periode laten, nistagmus dan vertigo ber-langsung lebih dari 1 menit.

TERAPI PENATALAKSANAAN VERTIGO

Tujuan dilakukan pengobatan pada penyakit vertigo ini, selain untuk kausal (jika ditemukan penyebabnya), ialah untuk memperbaiki adanya rasa ketidak seimbangan vestibuler melalui modulasi transmisi saraf yang pada umumnya sapat digunakan obat yang bersifat antikolinergik.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Vertigo and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *