Gejala Penyakit Vertigo

Gejala penyakit vertigo yang lebih ringan dapat dideskripsikan sebagai perasaan pasien seperti sedang berada diatas kapal. Penyakit vertigo merupakan persepsi gerakan yang salah, baik persepsi dalam diri pasien terhadap keadaan sekitarnya, sebagai akibat dari ketidakseimbangan, input vestibular. Beberapa pasien mengalami vertigo berat dunia sekitar seolah berputar di sekeliling mereka, dan disertai oleh muntah dan hilangnya keseimbangan.  Pusing merupakan keluhan yang paling sering harus diperhatikan apakah pasien benar-benar mengalami vertigo, atau ada arti lain, misalnya presinkop atau cara berjalan yang tidak stabil.

Gejala penyakit vertigo

Gejala penyakit vertigo

Adanya gejala vertigo lain yang berhubungan dapat membantu menentukan lokasi lesi pada jaras vestibular. Sehingga gejala vertigo saja atauu disertai kombinasi dengan gejala koklearis lainnya (pendengaran kurang, tinitus) menunjukkan gangguan vestibular perifer.

Pada umunya gejala penyakit vertigo akan merasakan sensasi gerakan seperti berputar baik dirinya sendiri atau lingkungan yang berputar. Selain itu, kadang ada juga yang disertai gejala mual atau muntah, berkeringat, dan gerakan mata yang abnormal. Gejala ini bisa terjadi dalam satuan menit atau jam, dapat bersifat konstan atau episodik (kadang-kadang). Ada pula yang merasakan telinga berdenging gangguan penglihatan, lemah, sulit bicara, atau kesulitan berjalan.

Semua gejala vertigo perlu dievaluasi oleh dokter. Sebagian besar penyebab munculnya gejala pada penyakit vertigo tidak berbaha, dan pada umumnya dapat diatasi dengan pengobatan. Pilihan obatnya tergantung dari diagnosis jenis vertigo dan penyebab vertigonya.

Diagnosa dan Penyebab Gejala Penyakit Vertigo

diagnosis gejala vertigo patogologis bisa bermacam-macam jenis. Ada yang sementara atau persisten, Fungsional atau struktural penurunan nilai vesribular atau nilai visual, atau sistem proprioseptif sistem atau dari pusat integratif melalui suatu mekanisme juga menyebabkan ketidakcocokan. Dengan kata lain adalah banyaknya hal yang harus kita pertimbangkan sebelum menentukan diagnosis gejala vertigo. Evaluasi yang dilakukan pada gejala penyakit vertigo memiliki dua tujuan yang mendasar yakni: menentukan lokalisasi sumber asalnya dan menentukan stiologinya atau penyebabnya dari gejala yang terjadi pada penyakit vertigo.

Sebelum anda mulai untuk melakukan pengobatan, anda harus menentukan sifat dan penyebab dari munculnya gejala vertigo yang anda alami.

Penyebab penyakit vertigo yaitu:

1. Gangguan telinga bagian dalam.

Sebagian besar penyakit gejala vertigo itu tejadi ketika seseorang dengan secara tiba-tiba mengubah posisi kepalanya. Misalnya ketika anda sedang bangun tidur atau berdiri dengan cepat. Pusing yang terjadi akan hilang dnegan sendirinya setelah beberapa menit. Vertigo jenis ini terjadi akibat adanya masalah yang ada pada telinga anda bagian dalam dan dikenal dengan nama Benign Paroxysmal Positional Vertigo.

2. Penyakit Meniere

Penyakit meniere termasuk penyebab gejala penyakit vertigo yang terjadi akibat volume endolimfe yang juga berhubungan dengan distensi seluruh sistem endolimfatik. Penyakit meniere mengakibatkan telinga bagian dalam mempunyai banyak cairan yang pada akhinya akan mempengaruhi keseimbangan tubuh anda. Rasa pusing yang terjadi dapat berlangsung selama setengan jam atau bahkan bisa lebih lama lagi.

3. Mabuk kendaraan dan posisi tidur.

Berpergian jarak jauh dengan menggunakan kendaraan darat, laut dan udara yang sering menimbulkan masalah mabuk kendaraan. Mabuk tersebut akan memancing datangnya gejala penyakit vertigo yang sedang anda derita. Atau bantal pada kepala anda yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa mempengaruhi munculnya gejala vertigo dan apalagi ketika anda bangun tidur langsung bangun dengan cepat.

5. Penyebab gejala penyakit vertigo yang lainnya

Gejala vertigo dapat muncul karena berbagai faktor lain di atas seperti perasaan cemas pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, berada dalam ruangan yang tertutup yang terlalu panas, yang dapat menjadi penyebab gejala vertigo.

Cara mengatasi gejala penyakit vertigo

Gejala yang terjadi pada penyakit vertigo yang anda derita dapat dicegah dengan cara melatih vestibuler pada diri anda. Anda dapat melatih vestibular untuk mengatasi gejala vertigo yang anda derita yang dapat anda lakukan dengan cara:

1. Berdiri dengan tegak, buka mata dan kemudian tutup kembali. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sebanyak 5 kali.

2. Gerakan dengan kepala berputar. Pasang dagu anda ke dada, mulai putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lakukan berulang-ulang sebanyak 3 kali.

3. Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turunkan wajah dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi menghadap ke atas dengan perlahan-lahan dan lakukan gerakan seperti itu sebanyak 3 kali.

4. Melatih gerakan dengan kepala miring, yaitu dengan mencoba untuk tetap telinga bagian kiri ke bahu kiri anda. Tahan pada posisi tersebut sampai 15 detik, kemudian lakukan pada telinga sebaliknya. Ulangi setiap bagian telinga masing-masing sebanyak 3 kali.

5. Duduk dengan posisi punggung yang lurus dan mata terbuka dan kemudian berdiri. Pada saat Anda berdiri, tutup mata anda dan ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 kali.

6. Melatih gerakan bola mata anda untuk bergerak ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Ulangi pada setiap arah masing-masing 3 kali. Yang kemudian di lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal yang dilakukan masing-masing sebanyak 3 kali juga sama seperti gerakan awal.

7. Lakukan praktek pada otot mata dengan mengikuti gerakan kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata anda pada obyek stasioner yang bergerak.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>